Sunday, November 3, 2013

Membuat Yii Skeleton menggunakan Netbeans

Saat ini saya mencoba berbagi ilmu tentang membuat Yii Framework skeleton dengan mudah menggunakan Netbeans. Biasanya kita membuat skeleton dengan mengetikan perintah seperti:
php YiiRoot/framework/yiic.php webapp testdrive
Bagi kebanyakan orang sering mengalami masalah dalam melakukannya. Terkadang penentuan folder path php-nya salah, ataupun path framework-nya sendiri sehingga tak jarang kita menemukan keluhan error seperti ini:

Could not open input file: YiiRoot/framework/yiic.php

Namun ada solusi dalam membuat Yii Skeleton hanya dengan beberapa klik.

Bagaimana Caranya?

Pertama-tama kita perlu menyiapkan 2 installer yaitu:

Instalasi Yii Framework
Lakukan extract Yii framework anda ke dalam satu folder yang diberi nama misalnya yiif, dan tempatkan folder ini di ke web server lokal anda (localhost).
Bagi pengguna Linux, cara instalasi web server dapat dilihat di sini.
Bagi pengguna MS Windows, path web server disetting tergantung penyedianya misalnya XAMPP

Instalasi Netbeans IDE
Untuk instalasi Netbeans dapat dilihat di sini.

Konfigurasi Yii pada Netbeans
Setelah semuanya sudah diinstall, saatnya kita setting Yii-Framework kedalam Netbeans IDE. Caranya cukup mudah. Buka aplikasi Netbeans yang telah anda install dan lakukan download plugin Yii dari Tools->Plugins->Available Plugins, kemudian ketikkan pada search: yii framework
Pilih plugin PHP Yii Framework, kemudian klik Install.

Setelah plugin Yii diinstall, ambil source Yii yang sudah kita download, dalam hal ini folder sudah kita namakan yiic. Pada netbeans klik Tools>Options>PHP>Yii:
Selesai.

Nah, untuk membuat project baru dengan Yii skeleton kita tinggal klik New Project pada Netbeans, kemudian pada pilihan akhir project tinggal pilih Yii framework, sehingga Yii skeleton akan terbentuk secara otomatis.

Berbagi lebih nikmat.

0 comments:

Post a Comment