Thursday, October 22, 2015

Setting Path Environment Variable di Windows



Apa itu Environment Variable?
Ini adalah salah satu tools yang tersedia di Sistem Operasi Windows. Secara detail telah dijelaskan oleh Microsoft dan anda juga bisa mendapatkan penjelasan lewat Wikipedia. Silahkan klik linknya jika anda ingin menambah wawasan tentang ini.

Namun, secara awam saya bisa menyebutkan satu keuntungan dalam menggunakan Environment Variable yaitu kita bisa menambahkan lokasi folder atau path dari suatu direktori, sehingga dalam penggunaan/pemanggilan suatu file yang ada didalamnya tidak perlu lagi mengetikkan path tersebut.
Sebagai ilustrasi, misalnya saya memiliki file bernama Lagu.mp3 yang terletak di direktori folder C:\Music, berarti path dari file tersebut adalah C:\Music\Lagu.mp3

Tanpa melakukan setting path pada Environment Variable kita bisa memanggil file ini dengan mengetikkan C:\Music\Lagu.mp3. Dengan melakukan setting path, kita hanya perlu mengetikkan Lagu.mp3. Perbedaannya dapat dilihat dari penggunaan Tools Run dan Command Prompt seperti ini:


Contoh lainnya, bisa dibayangkan misalnya kita rutin menjalankan suatu aplikasi yang path direktori yang cukup panjang misalnya C:\Program Files\Aplikasi\Source\Initial\Execute\aplikasi.exe. Tentunya merepotkan jika harus menghafal path yang sedemikan panjangnya.

Bagaimana Cara Setting Path di Environment Variable?
Mari kita bahas cara setting path Environment Variable. Kita ambil contoh case ketika kita ingin menggunakan aplikasi php.exe
Dalam hal ini aplikasi php.exe saya telah terinstall di direktori D:\ satu paket  dengan XAMPP Web Server yang saya install sehingga path filenya adalah D:\xampp\php\php.exe dan path direktorinya adalah D:\xampp\php

Copy path direktori D:\xampp\php (hanya direktorinya saja, tidak termasuk file php.exe) dan buka Environment Variable kemudian Paste ke dalam path.

Caranya pertama-tama kita buka File Explorer di Windows, kemudian klik-kanan pada My Computer untuk pengguna Windows 7 kebawah atau untuk OS Windows 8 keatas namanya This PC dan pilih Properties.



Selanjutnya Pilih Advanced System Settings.


Pada System Properties, pilih tab Advanced klik tombol Environment Variables


Pada Environment Variables, kita akan memilih/klik System Variable Path, dan klik Edit


System Variable pada Path dapat berbeda pada masing-masing OS kita dikarenakan kebutuhan aplikasi yang terinstal juga berbeda-beda. Namun perlu diperhatikan, pada saat melakukan Edit Jangan Pernah Menghapus Value Yang Sudah Ada karena akan mempengaruhi system anda. Kita hanya perlu menambahkan value yang dengan cara menambahakan tanda titik-koma kemudian direktori yang kita inginkan yaitu:

;D:\xampp\php


Masih pada Edit System Variable, klik OK. Maka dengan ini setting path php.exe sudah selesai.

Cara menggunakannya hanya tinggal menggetikkan


php <perintah_anda> 


dan aplikasi php.exe anda sudah bisa jalan.

Dalam hal ini extensi php adalah .exe dan valuenya sudah terdaftar pada Environment Variable PATHEXT.



Sama halnya ketika anda ingin menggunakan aplikasi Composer. Ketika aplikasi Composer sudah terinstal maka path direktorinya terletak di dalam Web Directory Project anda. Dalam hal ini direktori Project saya terletak di D:\xampp\htdocs dan nama aplikasi Composer itu sendiri adalah composer.phar berarti extensinya adalah .phar

Lakukan pendaftaran variable dan jangan lupa menambahkan tanda titik-koma ";" sebelum menuliskan value yang diinginkan.

Untuk value Path ditambahkan dengan:


;D:\xampp\htdocs 


kemudian untuk value PATHEXT untuk extensi ditambahkan dengan:


;.phar

Sampai disini settingnya sudah selesai. Dan ketika kita akan menggunakan aplikasi PHP dan Composer secara bersamaan hanya semudah mengetikkan:

php composer <perintah_anda>

Selamat mencoba!

Berbagi lebih nikmat...

17 comments:

  1. thanks mastah atas infonya.. ane udah muter2 dari tadi buat nambah path php.. hehe

    ReplyDelete
  2. terimah kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  3. gimana ya kalau environment variablenya tidak bisa di apply?? karena sekarang saya mau instal JDK tapi tidak bisa d apply?? mohon penjelasanx???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu di apply pada setting environment variable. Cukup tekan tombol OK

      Delete
  4. Bagaimana cara mengembalikan value path yg terhapus atau salah, ini mengakibatkan sy tdk bs masuk ke start up pc sy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diakali dengan membuka command prompt dan mengetikkan:

      echo %PATH%

      dari situ akan kelihatan semua program yang sedang berjalan, tinggal copy saja isinya kemudian paste kembali ke dalam value path.

      Delete
    2. Path java aja yg muncul, path lama tdk ada

      Delete
    3. Kalau munculin path yang lama gimana?

      Delete
  5. Gmna cara mengembalikan value yg sudah kehapus tadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa diakali dengan membuka command prompt dan mengetikkan:

      echo %PATH%

      dari situ akan kelihatan semua program yang sedang berjalan, tinggal copy saja isinya kemudian paste kembali ke dalam value path.

      Delete
  6. sangat terbantu mas, trimakasih..
    mampir juga www.linklesite.ml

    ReplyDelete
  7. Bang, ini di komputerku kehapus, gimana nih?

    ReplyDelete